contoh soal ujian nasional jurusa rekayasa perangkat lunak
UJIAN
NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah
Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Kode : 2072
Alokasi
Waktu : 24 Jam
Bentuk
Soal : Penugasan Perorangan
I. PETUNJUK
UMUM
1.
Periksalah
dengan teliti dokumen soal ujian praktik, yang terdiri dari 4 halaman.
2.
Ujian
praktik ini terdiri atas 3 (tiga) tugas dengan rincian penugasan sebagai
berikut:
a.
Hari ke-1: 4 jam
Persiapan perangkat komputer server dan client, instalasi software
pendukung dan pengecekan perangkat
b.
Hari ke-1: 6 jam
Pembuatan web/database di komputer server meliputi table, relasi, dan
pengisian masing-masing table, pembuatan query dan view.
c.
Hari ke-2: 10 jam
Pembuatan web/aplikasi desktop dikomputer client dan mengkoneksikan
aplikasi database ke komputer server
3.
Peralatan
utama komputer telah disediakan
4.
File data
disediakan oleh sekolah.
5.
Program
aplikasi yang bersifat khusus disiapkan oleh peserta
6.
File gambar
disesuaikan dengan kebutuhan
ii. Keselamatan
Kerja
1. Ingat dan
fahami peraturan keselamatan kerja dalam penggunaan komputer agar tidak terjadi
kerusakan/kehilangan data yang telah anda buat!
2. Hindari
penyimpanan benda atau zat cair di sekitar komputer yang dapat mengakibatkan
tumpah dan merusak perangkat komputer!
3. Perhitungkan
spesifikasi hardware dan kebutuhan software dengan program yang anda buat!
4. Perhitungkan
waktu yang disediakan!
III. DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN,
DAN BAHAN
No.
|
Nama
Alat/Komponen/Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
PC
Server
|
Minimal Intel Pentium 4,
1,8GHz, RAM 128 MB, HD 100 GB, VGA AGP 4x64MB
|
|
|
2
|
PC
Client
|
Minimal Intel Pentium III, 1.2 GH, 128 MB, 100 GB,
VGA AGP 4x64 MB
|
|
|
3
|
Printer
|
Bebas
|
|
|
4
|
CD
Software
|
|
|
|
|
a.
OS
|
XP-Profesional,
Windows 7/8/10
|
1 buah
|
|
b.
Software
Database
|
My SQL
MS Access
|
1 buah
|
|
|
c.
Web
Server
|
Apache
|
1 buah
|
|
|
d.
Software
bahasa pemrograman Desktop
|
Visual
Basic, delphi atau Visual.NET
|
1 buah
|
|
|
e.
Software
Server Side Programming
|
PHP atau ASP
|
1 buah
|
|
|
f.
Software
Desain Web
|
|
1 buah
|
|
|
§ Font Page
|
Front Page XP
|
|
|
|
§ Macromedia Flash
|
Flash 8.0
|
|
|
|
§ Swish
|
Swish 8.0 Ver. 7
|
|
|
|
§ Adobe Photoshop
|
Adobe Photoshop CS3 atau yang
lebih tinggi
|
|
|
|
g.
Software
desain database
|
|
1 buah
|
|
|
|
Bahan
|
|
|
|
1.
|
Data Pelanggan
|
Data
Tentang Penyewa
|
|
|
2.
|
Data Karyawan
|
Data
tentang karyawan.pegawai
|
|
|
3.
|
Data Transaksi Sewa
|
Data Transaksi
rental
|
|
|
4.
|
Data Sopir
|
Data tentang
sopir
|
|
|
5.
|
Data Kendaraan
|
Data mobil
yang siap dirental
|
|
|
6.
|
Data Type
|
Data Type
Mobil
|
|
|
7.
|
Data Merk
|
Data Merk
Mobil
|
|
|
8.
|
Data Pemilik
|
Data Pemilik
Mobil
|
|
|
9.
|
Data Service
|
Data Kapan
Mobil di service
|
|
|
10.
|
Data Jenis Service
|
Data macam-macam
service
|
|
|
11.
|
Data Setoran
|
Data setoran
bagi hasil ke pemilik kendaraan yang dirental
|
|
|
12.
|
Data Login
|
Data
aku petugas untuk masuk sistem
|
|
|
13.
|
Kertas HVS
|
Jumlah
|
Rim
|
|
14.
|
CD RW
|
Jumlah
|
Unit
|
|
15.
|
Tinta Printer
|
Jumlah
|
Unit
|
|
IV.
SOAL/TUGAS
Membuat Aplikasi Rental Mobil
Berbasis Web/Desktop pada Jaringan Intranet
A.
LANGKAH
KERJA
1.
Persiapan
a. Mengecek
semua perangkat (hardware dan softawe) sesuai kebutuhan untuk server dan client.
b. Menginstal
dan mengkonfigurasi software utama dan pendukung sesuai kebutuhan.
c. Mengecek
hasil instalasi software utama dan pendukung.
2.
Pembuatan
database
a. Membuat
PDM (Physical data Model) untuk “Aplikasi
Rental Mobil” dengan menggunakan perangkat yang telah disiapkan berdasarkan
CDM (Conceptual Data Model) seperti terlihat dalam gambar di bawah.
b. Menyesuaikan
tipe dan ukuran data dengan DBMS (software manajemen data/database) yang
dipakai dan kebutuhannya.
c. Membuat
view atau query dari satu atau beberapa tabel yang akan digunakan untuk
menampilkan informasi melalui aplikasi dekstop dan atau eksekutif information
sistem.
d. Masukkan
beberapa data melalui DBMS yang telah tersedia
3.
Pembuatan
Aplikasi
a. Melakukan
coding aplikasi berbasis desktop
meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh operator untuk
memanipulasi database (tambah, edit, hapus, pencarian, dan laporan (report)
data.
1) Membuat
menubar dan atau sub menu yang meliputi antara lain: login/logout, entri data,
version, help/info.
2) Membuat
toolbar untuk mengakses user interface.
3) Membuat
user interface untuk memanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
4) Mengkoneksikan
aplikasi (interface) ke database server.
b. Melakukan
coding aplikasi berbasis web
meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh untuk menyimpan transaksi
pembelian mobil
1) Membuat
halaman utama web (home).
2) Membuat
hyperlink.
3) Membuat
atau mengedit gambar, logo atau animasi sebagai header atau banner halaman
utama sesuai kebutuhan
4) Membuat
user interface untuk memamanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
5) Membuat
user interface untuk menampilkan informasi eksekutif.
6) Mengkoneksikan
aplikasi ke database server.
c. Membuat
report
d. Menguji
aplikasi di komputer client maupun perangkat mobile melalui browser
B.
PERATURAN
KERJA
1.
Ketentuan titik berat program
pada :
a.
Security acces data;
b.
Pembatasan acces end user sesuai
dengan kepentingan;
c.
Kompleksitas layanan yang dapat
disajikan;
d.
Kesesuaian tampilan dan fungsi
tiap-tiap halaman/form.
2.
Program harus dapat diakses oleh
seluruh computer client yang ter-connect pada jaringan intranet. Adapun batasan
pembuatan program ialah:
a.
Aplikasi dekstop: Source code
sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.
b.
Aplikasi web: Source code dalam
bentuk HTML
c.
Mempunyai data base.
d.
Adanya/terdapat report.
V.
GAMBAR KERJA
Conceptual
data Model untuk Basis Data Aplikasi Rental Mobil
Komentar
Posting Komentar